Migrasi Nomor Pascabayar ke Prabayar

Share

Melanjutkan tulisan saya yang “Mengaktifkan Kembali Nomor Indosat Ooredoo yang Hangus“, pada hari minggu itu (27/12/20), siangnya saya mencoba untuk mengurus migrasi nomor Indosat saya yang sebelumnya hangus, dari Pascabayar beralih kembali ke Prabayar. Walaupun sebenernya malas keluar rumah, tapi mengingat hari itu adalah batas agar tidak masuk ke siklus tagihan bulan keempat, saya memaksakan diri untuk berangkat.

Pertimbangan saya ingin kembali ke Prabayar adalah ini bukan nomor utama saya dan internet pun bisa menggunakan Wifi di rumah. Benefit kuota internet dan telepon yang saya terima dengan membayar Rp 110ribu per bulan pada paket termurah Pascabayar tidak akan berguna bagi saya. Jika menggunakan prabayar, saya cukup beli pulsa Rp 5 ribu s.d. Rp 25 ribu saja per bulannya. Itu pun pulsanya bisa saya pakai untuk telepon/sms.

Sekitar jam 11 saya berangkat ke Galeri Indosat di Pondok Indah, tempat di mana saya mengurus mengaktifkan kembali nomor saya saat hangus. Setelah sampai, ternyata Galeri Indosat Pondok Indah tutup. Lihat di google maps, salah satu Galeri Indosat yang paling dekat dan buka di hari Minggu adalah Galeri Indosat di Gandaria City.

Begitu sampai, di Galeri Indosat Gandaria City, saya langsung menghampiri salah satu CS karena saat itu masih sepi, sekitar jam 11.30-an, mungkin baru buka. Setelah menyampaikan maksud kedatangan saya untuk migrasi dari Pascabayar ke Prabayar, CS mengatakan bahwa untuk migrasi dari Pascabayar ke Prabayar tidak bisa dilakukan di Gerai Indosat Gandaria City, karena ada data terkait migrasi Pascabayar ke Prabayar yang tidak di-link-kan / diberikan otorisasi di Gerai Indosat Gandaria City. Walau begitu, CS tersebut memberikan solusi agar saya mendatangi Galeri Indosat, yang jika di Jakarta Selatan ada di Pondok Indah (hari minggu tutup), ITC Kuningan (hari minggu buka), dan Kokas (hari minggu buka).

Berdasarkan informasi CS tersebut, berarti ada 2 tingkatan pos/point pelayanan Indosat, ada Galeri Indosat (tingkat yang lebih tinggi, bisa memberi layanan yang lebih kompleks untuk pelanggan) dan ada Gerai Indosat (tingkat yang lebih rendah, lebih banyak ke jualan produk dan layanan standar untuk pelanggan). Saya cek di web Indosat belum ada yang menjelaskan tentang perbedaan ini, tapi kalau menurut saya mungkin untuk Galeri Indosat dikelola langsung oleh Indosat dan untuk Gerai Indosat dikelola oleh pihak ketiga.

Saya memilih pergi ke Galeri Indosat ITC Kuningan. Walaupun berlokasi di dalam gedung ITC, tapi ada di bagian depan gedung dan masuk dari luar, langsung terlihat dari pinggir jalan. Saat itu sekitar jam 12.30-an siang saya datang dan menunggu antrian 1 pelanggan. Begitu mengutarakan maksud kedatangan saya, CS yang melayani saya langsung meminta identitas dan mengisikan formulir perubahan pelayanan.

Tanpa banyak basa-basi, sambil menyatakan bahwa proses migrasi dari Pascabayar ke Prabayar akan membutuhkan 1 x 24 jam, CS memberikan formulir tersebut ke saya untuk ditandatangani dan saya diberikan lembar copy-an form berwarna merah sebagai bukti sudah melakukan request. Prosesnya sendiri kurang dari 5 menit, mungkin plus menunggu antrian secara keseluruhan dari saya masuk sampai dengan keluar pintu Galeri Indosat ada sekitar 15 menit saja.

Copy Formulir Perubahan Layanan

Walaupun diinformasikan proses migrasi akan butuh 1 x 24 jam, ketika saya sampai rumah, saya cek HP dengan nomor yang saya migrasikan tersebut, ternyata sudah ada SMS dari jam 13.11 yang menandakan nomor saya sudah jadi Prabayar. Kurang dari 1 jam ternyata.

Pukul 12:54, SMS Informasi Migrasi Pascabayar ke Prabayar sedang Diproses
Pukul 13:11, SMS Informasi Pulsa Rp.0 (sudah skema Prabayar)

Bagikan tulisan ini:

mozuqi

Mohammad Zulkifli Falaqi. Biasa dipanggil Zul. Saat ini sedang mencari sesuap nasi di ibukota sebagai buruh yang ngurusin organisasi dan SDM di perusahaan yang bergerak di bidang energi. Menulis apa saja yang terlintas di pikiran.

You may also like...

Leave a Reply